TRADISI LEBARAN MAKAN KETUPAT BERSAMA DI RUTAN RANGKASBITUNG

0
184

SNN-Semarak Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah turut di Rasakan oleh Segenap Keluarga Besar Rumah Tahanan Negara Klas IIB Rangkasbitung, memulai rangkaian Gebyar Idul Fitri dari Sholat Idul Fitri, penyerahan SK Remisi dilanjutkan dengan makan ketupat bersama yang berlangsung di lapangan serbaguna, Rabu (05/06)
Sebelumnya telah digelar juga malam Takbir menyambut Hari kemenangan , Hari Raya Idul Fitri 1440 H, dalam kegiatan tersebut juga turut dihadiri oleh Perwakilan Pemerintah Daerah Kabupaten Lebak dan Komisioner Baznas Kabupaten Lebak yang sekaligus memberikan kadeeuh untuk seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Rangkasbitung.
Dalam sambutan usai Sholat ied, Kepala Rutan Rangkasbitung, Aliandra Harahap turut membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM. Kepala Rutan juga menyampaikan sejumlah pesannya dalam merayakan hari raya idul fitri di Rutan Rangkasbitung.
“dalam suasana yang penuh kebahagiaan ini, senantiasa kita ucap syukur walaupun kita harus berlebaran disini, insyallah hari ini adalah sunatullah dan akan berkah nantinya. Bagi yang akan dikunjungi sampaikan salam kami pada keluarga, dan bagi yang belum dikunjungi mari sama-sama kita panjatkan doa untuk keluarga kita dimanapun berada. Tetap semangat dalam balutan pembinaan, bukti pembinaan yang baik akan memperoleh remisi hari ini, bagi yang belum kami berharap menjadi motivasi, bahwa kita senantiasa sinergi. Petugas menjalankan tugasnya dengan baik, dan para santri binan melaksanakan pembinaan juga dengan baik” Ujar Aliandra
Karutan turut menyampaikan apresiasinya terhadap WBP dan Petugas. “selama ramadhan, seluruh santri menunjukkan sikap yang baik, tidak ada pelanggaran yang dilakukan. Masyarakat juga berbondong-bondong memberikan secara sukarela takjil dan menu buka puasa hampir setiap hari dan petugas kita juga melaksanakan tugas dengan sangat baik, terlihat sinergi antara WBP dan petugas dan kami sangat mengapresiasi. Oleh karenanya, usai kegiatan ini, kita akan makan ketupat bersama sebagai wujud kebersamaan pada keluarga besar Rutan Rangkasbitung. Smoga lingkungan kita tetap kondusif, aman dan nyaman”Tutur Aliandra.
Sementara Imam sekaligus Kutbah Idul Fitri, Ust. Jaki, lc dalam kutbahnya memberikan pesan bahwa pentingnya memaknai idul fitri sebagai hari kemenangan dan kebahagian serta kembali pada kesucian diri. “maka hari ini kita harus berbahagia, kita mulai lagi semuanya, mulai lah dengan kebaikan insyallah, Allah SWT akan memberikan pengampunan dan mempertemukan kita lagi dengan bulan ramadhan selanjutnya”
Sebagai informasi bahwa narapidana yang mendapatkan remisi lebaran adalah sebanyak 120 orang dan 2 orang diantaranya langsung bebas. Sementara agenda selanjutnya adalah layanan kunjungan spesial lebaran sampai H+3 yang akan dihibur oleh pentas seni Warga Binaan Pemasyarakatan.(EDY/LEX)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here