Dinas Sosial Kabupaten Lebak Menggelar Bintek Siks-NG

0
92

Lebak, SnNews.net – Dinas Sosial Kabupaten Lebak melalui Koordinator Teknis Program Sembako Dinsos Lebak, melakukan Bintek di depan perwakilan Operator Siks-NG. Bertempat di Desa Sipayung, Kecamatan Cipanas, kabupaten Lebak-Banten. Jumar (11/9/2020)

Kegiatan Bintek tersebut membahas terkait pengaktifkan kembali kartu KKS yang tiba-tiba di non aktifkan oleh sistem dari kementrian Republik Indonesia dikarenakan ganda identik, baik itu ada persamaan nama atau nomor NIK,

“kami datang ke Kecamatan Cipanas atas permintaan Sekda dan Kepala Dinasp Sosial Kabupaten Lebak, untuk menindak lanjuti aduan KPM yang katanya sudah 6 bulan tidak ada saldonya, dan kejadian itu ada di tiap Desa,” hal itu di katakan IMAM koordinator teknis program sembako Dinsos Lebak.

Pihaknya sudah berusaha dan berupaya menindak lanjuti setiap pengaduan, dengan melayangkan surat resmi dari dinas sosial kabupaten ke Kemensos RI, agar mengaktifkan kembali yang di non aktifkan oleh sistem, terkait kendala saldo kosong KPM.

“Penyebabnya adalah karena ada ganda identik, satu KPM pegang 2 kartu Keluarga sejahtera (KKS). Yaitu kartu Program Keluarga Harapan (PKH) dan kartu Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Sembako. Sehingga di non aktifkan oleh sistem, sebab bila berkelanjutan akan ada penyusutan dan kerugian uang negara, satu orang KPM yang seharusnya menerima satu pagu, karena pegang 2 KKS jadi menerima 2 pagu tiap bulan,” terang IMAM

Lebih lanjut IMAM menjelaakan, cara mensiasatinya yaitu dengan cara para operator Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial (SIKS-NG) Desa harus jeli dalam pendataan, dan jangan salah dalam memberikan pengajuan dan pengaduan. Jika terjadi kendala, harus tahu apakah penyebabnya, apakah itu saldo Nol, atau KPM ganda, sebab berkaitan dengan sistem komputer”,pungkasnya.

Di tempat yang sama Dindin safitri Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) Cipanas menambahkan, dalam program sembako dirinya hanya mendampingi program serta melaporkan Kwalitas Komoditi dan KPM yang bermasalah, seperti saldo nol dan ganda, mengenai pendataan dan penggantian KKS, itu tugas dan fungsi Operator Siks-NG. ucapnya (bunk)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here