Bantuan Operasional PKBM di Lebak diduga Bermasalah

0
177

Lebak, SNNews.net
Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan pada PKBM dilebak disoal aktivis lebak. Pasalnya, berdasarkan hasil investigasi LSM GTR ke beberapa penyelenggara PKBM dilebak anggaran yang diterima diduga tidak sesuai jumlah realisasi yang diserap oleh masing lembaga pkbm pada tahun anggaran 2019 kemarin.

Hal itu dikatakan aktifis LSM Iwan, dirinya mengatakan pada awak media yang tergabung dalam FORWAL (Forum Wartawan Lebak) jika mengacu pada data laporan pertanggungjawaban sudah terserap 100%, sebesar Rp. 4,634.000.000.

“Ya jika kita melihat data dokumen akhir penyerapan pada tahun anggaran 2019 sudah terserap semuanya, padahal berdasarkan hasil investigasi ke beberapa PKBM tak sesuai anggarannya dengan domumen anggaran,”ucapnya. 

Masih katanya, hal ini membuktikan, jika diduga ada masalah ketimpangan data yang berbeda dari dokumen dan fakta dilapangan atau kepenerima bantuan ke 20 PKBM se-kabupaten lebak”ujar iwan. 

Sementara itu, salah satu PKBM yang enggan disebutkan namanya, mengatakan bahwa jumlah uang yg d terima tidak sesuai dengan pagu anggaran yg tercantum dalam data belanja hibah bantuan operasional pendidikan kesetaraan sesuai perbub nomor 29 tahun 2019 tertanggal 17 september 2019,
“Saya mencoba untuk merundingkan persoalan ini pada pengurus forum PKBM Kabupaten lebak, soalnya saya takut salah menjawab,”terangnya. 

Ditempat terpisah, Kabid PLS Dinas pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Lebak Indrawan ketika ditemui dikantornya mengatakan jika benar anggaran operasional sudah terserap, dirinya sudah menjelaskan kepada lembaga penyelenggara PKBM tentang kesamaan dengan perencanaan,
“Sudah saya jelaskan pada penyelenggara tentang kesamaan dan perencanaan, dana yang diberikan dengan realisasi secara nyatanya berapa”terangnya. 

Masih kata indrawan, seharusnya pihak lembaga penyelenggara PKBM juga harus bisa menjelaskan sesuai dengan penjelasan dari kami,”harapnya lagi. (Red/Uj) 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here