SEREMONI PENYERAHAN PSBI PKE DAN UMKM KANTOR BANK INDONESIA PROVINSI BANTEN

0
289

Serang, 30 Desember 2020

Serang, SNNews.net

Sepanjang sejarah perekonomian Indonesia, dapat kita lihat terjadinya beberapa periode krisis, seperti krisis ekonomi tahun 1998 dan saat ini krisis akibat Pandemi Covid 19.Pada berbagai episode krisis tersebut, salah satu sektor yang terbukti mampu bertahan dan bahkan menjadi tumpuan dalam meredam dampak krisis terhadap kehidupan masyarakat adalah sektor UMKM. Selain menunjukkan daya tahannya terhadap krisis, peran UMKM di Indonesia juga memiliki kontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif. Setidaknya terdapat tiga peran penting UMKM, yaitu sarana memeratakan tingkat perekonomian, mengentaskan kemiskinan dan sumber pemasukan devisa bagi Negara.Mengingat peran strategis sektor UMKM tersebut, Pemerintah maupun lembaga Iainnya memiliki berbagai program untuk mendorong perekonomian dengan salah satunya menyasar UMKM, seperti stimulus pembiayaan, akses pasar melalui e-commerce, serta bantuan sosial kepada pelaku UMKM.
Upaya Bank Indonesia dalam mendorong peningkatan peran UMKM dilaksanakan melalui berbagai program, salah satunya adalah melalui pemberian Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) Peningkatan Kapasitas Ekonomi (PKE) dan UMKM. Dikesempatan akhir semester Il Tahun 2020. Kantor perwakilan Bank Indonesia Provisi Banten melaksanakan program kepedulian untuk mendukung upaya peningkatan produktifitas UMKM di Banten, berupa pemberian bantuan kepada 18 UMKM di berbagai Kota/ Kabupaten Banten. 
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten, Erwin Soeriadimadja, berharap bantuan kepada UMKM dapat mendorong peningkatan skala usaha, akses pasar, dan pada gilirannya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. UMKM yang memperoleh bantuan PSBI tersebut bergerak pada bidang usaha yang beragam, mulai dari kuliner, fashion, kerajinan tangan serta pariwisata yang secara simbolik diserahkan pada Hari Rabu, 30 Desember 2020 bertempat di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten. Erwin juga menyampaikan apresiasi yang setingi-tingginya kepada komisi XI DPR RI atas perhatian besar guna mendorong perekonomian termasuk dukungan terhadap UMKM di Provinsi Banten.
Acara penyerahan PSBI secara simbolis juga dihadiri Oleh seluruh penerima bantuan PSBI secara virtual, dan disaksikan Oleh Bpk H. Andi Achmad Dara, SE dari Komisi XI DPR RI yang membidangi keuangan dan perbankan termasuk didalamnya Bank Indonesia, Bapak Erwin Haryono, Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Linda Rohyati, S.Sos,M.Si – Dinas Pariwisata Provinsi Banten serta Yoyo Wicaksono, S.Sos, MM, Kepala Disparpora Kota Serang. Pada kesempatan tersebut, Bpk Erwin Haryono menyampaikan pentingnya UMKM untuk bertransformasi termasuk digitalisasinya antara Iain melalui QRIS. Selanjutnya Bpk H. Andi Achmad Dara, SE, Komisi XI DPR RI, menyampaikan apresiasi atas upaya Bank Indonesia yang secara konsisten dan menyeluruh melaksanakan program untuk mendorong pengembangan UMKM, termasuk yang dilakukan Oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten. Bapak Andi Achmad Dara juga memotivasi pelaku UMKM agar berwawasan maju kedepan sebagai pengusaha handal, giat mencari peluang pasar dan harus siap menghadapi era digitalisasi,”imbuhnya. 
Dalam acara penyerahan tersebut juga dilakukan dialog para penerima PSBI, secara umum disampaikan apresiasi dan harapan akan keberlangsungan program PSBI, baik dalam bentuk bantuan PSBI maupun pendampingan usaha. Selanjutnya Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten, Erwin Soeriadimadja berharap bantuan PSBI dapat dimanfaatkan secara optimal dan juga berharap langkah sinergitas antara Bank Indonesia dengan pelaku usaha serta pemerintah daerah maupun pihak lainnya dapat terus terjalin erat untuk memajukan UMKM di Provinsi Banten, “harapnya. (Red) 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here