Ini Kata Sejumlah Petani, Terkait Beredarnya Pupuk Yang Di Duga Palsu Dan Sangat Merugikan Para Petani

0
141

Lebak I suaranusantara.news.net

Keluhan dari sejumlah para petani di Lebak Selatan ( Baksel )  ramai ,mengeluhkan terkait beredarnya jenis pupuk phoska yang duga palsu, karena sangat merugikan kami sebagai petani sawah ungkap Yoyoh warga Panggarangan kepada  suaranusantaranews.net, Minggu 31/01/2021.

Akhirnya kami membeli lagi pupuk ponska yang asli, karena pupuk yang kemarun dengan tulisan phoska tidak ada reaksi apa apa, walaupun sudah 3 minggu di gunakan,” terang Yoyoh. 

Hal serupa juga di sampaikan Karim,Dia mengatakan keluhan 2 orang warga di Kecamatan Cibeber yang membeli pupuk jenis phoska dari kios resmi Bintang terang Bayah, yang pemiliknya Hji Dana, juga seorang pengusaha emas,di mana pupuk tersebut di gunakan pemupukan,tapi tidak ada reaksi terhadap tanaman,”paparnya. 

” Ya Pak saya beli pupuk dari Pak Haji Dana,Bos Bintang terang Bayah dengan phoska,, pupuk tersebut setelah kami gunakan,sudah tiga minggu tidak ada reaksi ke tanaman padi saya.ada informasi bahwa pupuk tersebut di klaim bukan palsu, kenapa tidak ada reaksi setelah di pupuk ke tanaman padi sawah kami. Kalau itu pupuk bukan palsu dan itu kegunaannya untuk meningkatkan PH tanah,kenapa juga Pak Haji Dana tidak memberi tahukan kepada kami, bahwa pupuk itu, bukan untuk pemupukan padi setelah tanam, karena pupuk tersebut kandungannya dolomit cetusnya.

Kami merasa tertipu oleh Pak Haji Dana, kalau seperti ini mah Pak terang Karim menirukan keluhan dua warga Cibeber yang membeli pupuk yang di duga palsu tersebut.Mereka juga, tutur Karim, bukan hanya tertipu, bahkan mereka di pinta pertanggung jawaban oleh warga petani yang membeli pupuk dari dua orang warga Cibeber tadi, karena sebagian pupuk tersebut kami jual ke tetangga.” terangnya. 

Kami berharap kepada Pak Haji Dana untuk bertanggung jawab atas kejadian ini, udah rugi beli pupuk yang di duga palsu tersebut, dari Pak Haji Dana, kami juga di persalahkan oleh para petani yang beli dan memakai pupuk dari kami,” tutupnya. (Din) 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here