Petani Di Baksel Pertanyakan Tugas POPT

0
121

Lebak, Suara Nusantara News.net

Sejumlah petani di Lebak Bagian Selatan  ( Baksel ) pertanyakan tugas dan fungsi petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (  POPT ), mereka adalah Pegawai Negri Sipil ( PNS ) yang di beri tugas, tanggung jawab  hak oleh pejabat yang berwenang pada satuan organisasi lingkup pertanian, untuk melakukan kegiatan pengendalian Organisme  Pengganggu Tumbuhan ( OPT ).

POPT sendiri merupakan pegawai provinsi yang bertugas sebagai Pengamat Hama dan Penyakit ( PHP ), dan di tempatkan di wilayah kerja pengamatan tingkat kecamatan.

Namun pada kenyataannya, kinerja  petugas POPT ini di pertanyakan pasalnya banyak tanaman padi petani yang tergabung di Gapoktan juga Poktan,di beberapa wilayah di musim tanam saat ini banyak yang terkena Hama dan Penyakit ( Hapen ) ungkap Joni salah satu awak Lembaga BPAN.

Joni mengatakan, pungsi petugas POPT di anggap tidak ada, pasalnya banyak tanaman padi petani yang terkena Hama tikus dan penyakit kerdil, tanaman padi merah,kerdil dan tidak berbuah,ungkapnya Rabu    10/03/2021.

Menurutnya, di lapangan, banyak tanaman padi sawah warga petani yang terkena hapen,yang tidak terjendali, seperti di wilayah kecamatan Cibeber blok Ciherang Desa Ciherang – Lebak terangnya.

Ketika suaranusantara news.net, saat mengkonfirmasi salah seorang petani di sana, Edi memaparkan, betul Pak, ada beberapa luasan tanaman padi sawah warga yang terkena hapen, sehingga panen yang di harapkan, tidak akan maksimal panennya, ungkap Edi.

Edi selaku petani,berharap kepada petugas lapangan POPT melskukan tugas dan fungsinya, agar kami selaku petani mendapatkan hasil panen yang di harapkan.

Selain Edi, juga ada warga petani yang lain yakni Ade, berharap kepada, dinas terkait untuk untuk memungsikan petugas POPT,untuk melaksanakan tugasnya dengan baik, riil sesuai fakta di lapangan, jangan ada kesan laporan fiktip, ketusnya.

Awak media ini mencoba  menghubungi salah seorang petugas POPT Kecamatan Bayah,Pak Maul melalui Wasttap, untuk menanyakan rekan kerjanya yang bertugas di Kecamatan Cibeber, dengan singkat Mail menjawab, saya tidak tau Kang,” singkatnya. (Din/ Kri )

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here