Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Lebak Gelar Sosialisasi Forum Pembauran Kebangsaan

0
21

Lebak – SNNews.net
Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Lebak menggelar sosialisasi Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) dalam rangka memupuk dan menjaga keutuhan kehidupan berbangsa dan bernegara dengan Bingkai Bhinneka tunggal Ika agar tercipta kondusifitas daerah di Kabupaten Lebak dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan bertempat di Aula Kantor Kecamatan Cimarga Kabupaten Lebak Banten,Kamis (8/4/2021).

Kegiatan sosialisasi dihadiri Asda I Lebak Alkadri , Kepala Badan Kesbangpol Lebak Agus,Kabid Kesbangpol Lebak Anas,Ketua FPK Lebak Abdul Rosyid Asyidiki,Kasiter kodim 0603 Lebak diwakili Kapten Arm M Basori, Kapolsek Cimarga,dari etnis, tokoh masyarakat, tokoh agama, Kepala Desa Margajaya dan kepala Desa Margaluyu.

Kabid Kesbangpol Lebak Anas N usai acara menjelaskan, sosialisasi ini adalah forum pembauran kebangsaan dalam rangka memupuk dan menjaga keutuhan kehidupan berbangsa dan bernegara dengan Bingkai Bhinneka tunggal Ika.
Tujuannya menjaga kondusifitas di daerah agar supaya masyarakat berbaur jangan sampai ada kelompok-kelompok, seperti kelompok Madura, kelompok ini dan itu, karena hal itu yang tidak diinginkan oleh kita,kata Anas.

Apalagi kata Anas di Kecamatan Cimarga itu banyak galian pasir, otomatis banyak investor-investor yang masuk itu rawan konflik, sehingga perlu ada sosialisasi agar antar unsur bisa berbaur dalam satu pembauran, istilahnya digabung, tidak ada kelompok ini dan kelompok itu, imbuhnya.
Harapannya sosialisasi ini bisa sampai ke masyarakat,apalagi yang hadir dari etnis, tokoh masyarakat dan tokoh agama sehingga dapat memberikan sosialisasi FPK ke masyarakat agar ada tindak lanjutnya di masyarakat, tutupnya.

Sementara ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Abdurrhosyid Ashshidiq menambahkan, FPK ini adalah forum pembauran kebangsaan yang di SK kan melalui Permendagri 34 Tahun 2006 Tentang Pedoman penyelenggaraan Pembauran Kebangsaan, forum ini sama dengan MUI FKUB,kalau MUI mengurus Ulama dan FKUB agama.

Tujuannya agar sebelum ada konflik, kita merawat dan menjaga keutuhan berbangsa dan bernegara dengan sosialisasi pembauran kebangsaan, apalagi di sini banyak lokasi galian pasir, yang pasti banyak pendatang baru yang harus kita sinkronisasikan dengan Koramil,Kodim, Bin dan Bais yang ada di Kabupaten Lebak.

Lanjut Abdurrhosyid, Kesbangpol sebagai ibu daripada FPK mempasilitasi untuk sosialisasi di kecamatan yang harapannya dapat menumbuhkan kesadaran berbangsa dan bernegara dilingkungan akademisi, mahasiswa dan masyarakat yang ada di Kecamatan Cimarga.

Apalagi sebentar lagi akan ada pilkada yang bisa saja menimbulkan konflik,diboncengin oleh kepentingan, seperti Alkadri menekan kan titik ini, konflik-konflik yang ini kita tutup di Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) agar konflik tidak terjadi sehingga Pilkada diusahakan tanpa ada gaya- gaya dan lain sebagainya,pungkas Abdurrhosyid Ashshidiq..(UD).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here