Penutupan Galian Pasir Pantai Cikumpai Di Saksikan Warga Setempat

0
97

Lebak- SNN.Net

Sejumlah warga Cimangpang yang sekaligus mewakili warga lainnya menyaksikan pemasangan portal yang di perkuat dengan penanaman besi coor di tengah jalan yang menuju lokasi pertambangan, sebagai bukti penutupan lokasi pasir pantai Cikumpay, Desa Panggarangan, Kabupaten Lebak – Banten, Kamis 8/4/21.

Iking Tokoh pemuda yang juga warga kampung Cimampang dalam hal ini berkomentar ”  Ini adalah salah satu upaya penutupan lokasi tambang pasir laut,tapi tidak permanen, karena kalau tidak di lakukan penutupan bukan tidak mungkin potensi kerusakan sempadan di sepanjang Kampung Cikumpay – Cimangpang ini, akan lebih.  penutupan lokasi pasir ini, yang di saksikan pihak Desa,Muspika Panggarangan, juga perwakilan dari warga Kp Cimangpang, bahkan di saksikan pula oleh sejumlah para penambang di lokasi Cikumpay. terangnya.

Iking menambahkan ” Penutupan ini bukan tanpa alasan, kita semua prihatin karena ini merupakan dilema, antara kebutuhan perut warga yang sehari – harinya mengais rejeki dari lokasi pasir ini, juga dengan sangat panting sekali akan kelestarian alam, kalau tidak di jaga sama kita semua, mau sama siapa…? tanya Iking. Perlu di ketahui alasan penutupan lokasi ini, karena pantai di sepanjang Kampung Cimangpang ini, tidak ada kali yang menyuplai pasir ke muara dan pantainya, jadi jika terus di lakukan penambangan, terlepas ada ijin dan tidak ada ijin, yang khawatirkan dampak,” ujar Iking.Jum’at(09/04-21)

Iking berharap kepada semua pihak agar mengerti dan paham akan kelestarian lingkungan demi masa depan anak cucu kita,” harapnya.

Agus Sumardi Kasat Pol.Pp Kecamatan Panggarangan membenarkan adanya menutupan kegiatan pertambangan pasir laut Cikumpay, dirinya mengatakan ” kita dari jajaran muspika telah melakukan penutupan sementara lokasi pasir laut Cikumpay sesuai perda, juga atas dukungan warga Kampung Cimangpang, artinya penutupan ini bukan tanpa alasan

Menurutnya lagi, kelestarian sempadan pantai harus terjaga, jangan hanya kepentingan sesaat,” Pemerintah bukan tidak memikirkan kepentingan perut masyarakat, namun kami menyarankan, jika kegiatan tersebut harus berjalan lagi, tempuh perijinannya, agar di kegiatannya tidak asal – asalan, dan berimbas kepada kalestarian sempadan pantai,dan ini semua demi kepentingan lingkungan warga masyarakat,” tegasnya.( Din) 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here