Di Duga Proyek Tak Bertuan Muncul Di Desa Sukamanah

0
88

Lebak, -suaranusantaranews.net

Pembangunan jalan di kp. Pasir turi Desa sukamanah Kecamatan Rangkasbitung Kabupaten Lebak Diduga proyek “Siluman”, pasalnya tidak ada terpasang papan nama proyek terpasang, padahal kegiatan tersebut sudah di mulai. 
Akibatnya, masyarakat setempat sebagai penerima manfaat bangunan itu sulit untuk menjalankan haknya untuk memantau dan mengawasi Pembangunan tersebut sesuai yang diamanahkan oleh undang-undang, karena tidak mengetahui jumlah pagi Anggaran dan Volume kegiatan fisik itu. 
Sesuai amanah undang-undang keterbukaan Informasi Publik(KIP) Nomor 14 Tahun 2008 dan perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan 70 Tahun 2012, dimana mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang di biayai negara wajib memasang papan nama proyek, dimana memuat jenis kegiatan di lokasi. 
Menurut Ketua FORWAL Lebak Ahmad bahktiar mengatakan, “proyek yang dikerjakan tanpa menggunakan papan nama itu indikasinya Sebagai trik untuk membohongi masyarakat agar tidak termonitoring besar anggaran dan sumber anggaran. ” Katanya minggu(23/05/2021) 
Dia minta aparat penegak hukum untuk mengaudit dan mengusut tuntas pengerjaan proyek itu. Jika nantinya ditemukan adanya indikasi terkait wajib dimintai pertanggung jawaban. 
” Kita harap pihak penegak hukum turun ke lapangan untuk melihat langsung apakah ada indikasi kerugian negara. “harapnya
Sementara saat di konfirmasi Via Whatsapp Sekdes Sukamanah Diki wahyudi mengatakan, ” Pembangunan kp. Pasir turi menggunakan anggaran kotaku. “Ujarnya singkat.
Menyikapi hal ini  Yayat ketua Tim Investigasi

LSM Banten Coruption Watch (BCW) turut berkometar ” setiap  proyek pembangunan yang menggunakan anggaran dari  Pemerintah apapun itu nama pekerjaanya  jelas harus memasang papan informasi publik , agar publik mengetahui itu proyek apa dari mana anggarannya siapa yang menerjakannya, untuk apa di buat undang – undang informasi publik, jika tidak di indahkan, lagi pula jika proyek pekerjaan tanpa memasang papan informasi pekerjaan jelas ini terindikasi adanya kecurangan- kecurangan yang akan di lakukan oleh para oknum yang hendak mencari ke untungan dari proyek tersebut, ini jelas tidak bisa di biarkan, kami  dari LSM BCW akan memantau terus pekerjaan tersebut, kami akan turun kelapangan, apabila kami menemukan kejanggalan dalam pekerjaan nya maka kami akan melaporkannya kepada pihak penegak hukum, agar di usut tuntas, serta kami akan terus mengawalnya. Tegasnya.( Bronx) 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here