Kecamatan Sobang Gelar Musrenbang, Penyusunan RKPD Tahun 2023.


Lebak, SNN.NET

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) tingkat kecamatan di gelar mulai tanggal 07/02/2022. Salah satu kecamatan yang mendapat kesempatan pertama adalah kecamatan sobang kabupaten lebak.
Musyawarah tersebut di hadiri oleh PMD kabupaten lebak dan camat, lurah para lembaga serta para undangan, dan hadir pula mapolsek, koramil.

Kegiatan musrembang tahun ini cukup berbeda dengan tahun- tahun sebelumnya. Masa pademi membuat gegiatan ini harus lebih ringkas. Baik dari waktu maupun pemaparan materi dari kecamatan dan OPD. Sesuai protokol kesehatan. Seluruh undangan dan peserta musyawarah duduk berjarak, selalu memakai masker dan cuci tangan.

Musrembang diperkenalkan sebagai upaya mengganti sistem sentralistik. Masraykat lokal dan pemerintah punya tanggung jawab yang sama berat dalam membangun wilayah. Masraykat seharusnya berpartisipasi karena kegiatan ini merupakan kesempatan untuk secara bersama menentukan masa depan wilayahnya. Masraykat juga harus memastikan pembangunan yang di lakukan pemerintah sesuai dengan kebutuhan.

“Pembangunnan tidaklah menjadi tanggung jawab pemerintah semata meskipun domainnya berada pada pemerintah namun keterlibatan atau partisipasi semua pihak sangat mempengaruhi keberhasilan pencapaian dari indikator pembangunan dimulai dari peroses perencanaan, peroses pelaksanaan pembangunan bahkan lebih jauh lagi adanya partisipasi dalam memilihara hasil- hasil pembangunan. Harus ada rasa memiliki oleh semua pihak sehingga keberhasilan dan keberlanjutan pembangunan dapat terjaga.”tegas Camat dalam sambutannya.

Masih kata camat, musrembang merupakan agenda tahun dimana warga saling bertemu mendiskusikan masalah yang mereka hadapi dan memutuskan priortitas telah tersusun, kemudian di usulkan kepada pemerintah di level yang lebih tinggi, dan melalui badan perencanaan pembangunan. (Hendar)

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *