Akibat Faktor Cuaca Harga Cabai Di Pasar Rangkasbitung Mengalami Kenaikan

SUARANUSANTARANEWS.NET – LEBAK

Harga cabai dipasar tradisional Rangkasbitung Kabupaten Lebak terus melonjak,  hal ini banyak dikeluhkan para pedagang maupun pembeli, namun dengan adanya kanaikan harga cabai tersebut tidak terlalu berdampak pada aktivitas masyarakat dalam melakukan jual beli di pasar tradisional Rangkasbitung, dan  masih terlihat seperti biasa.

Darji salah satu pedagang bumbu dapur pasar Rangkasbitung, saat dikonfirmasi awak media mengenai kaenaikan harga cabai, dirinya mengatakan.

Kenaikan harga kebutuhan bahan pokok bukan hanya pada cabai saja, tapi hampir semua kebutuhan bahan pokok ikut naik, tapi alhamdulilah, walau semuanya naik para pembeli masih seperti biasa, dengan adanya kenaikan harga otomatis dalam melayani pembeli saya sebagai pedagang harus bisa mensiasati, agar sama- sama enak dan tidak saling merugikan antara saya sebagai pedagang dan masayarakat selaku pembeli, terutama para pembeli yang mengecer di bawah pembelian satu kilo, saya sangat berharap kenaikan harga ini bisa kembali normal. Terangnya.

Dedi Setaliawan Kepala Bidang Perdagangan,  Dinas Industri Dan Perdagangan Kabupaten Lebak, saat di temui diruang kerjanya menjelaskan.

” Kenaikan harga cabai saat ini di akibatkan oleh faktor cuaca yang akhir- akhir ini kurang bersahabat, sehingga adanya keterlambatan dalam pendistribusian, karena harus berhati- hati diperjalanan saat membawa kendaraan pengangkut sayur mayur ke pasar, karena cuaca buruk, saya baru mengerti terkadang ada kendaraan pengangkut sayur mayur sopirnya membawa mobilnya kencang sekali, seolah tidak takut terjadi kecelakaan,  padahal itu bukan karena sopirnya yang ingin ugal-ugalan tapi akibat untuk keterpaksaan, karena sayur mayur, termasuk cabai bukan merupakan barang yang bisa bertahan lama, telat sedikit, itu akan layu dan busuk, akhirnya tidak terjual, pasokan sayur mayur di pasar Kabupaten Lebak masih di datangkan dari luar Provinsi Banten, tapi dari Jawa Timur dan Jawa tengah, bahkan banyak juga yang dari Lampung. Terangnya.

kita kembali lagi pada kenaikan harga cabai, lanjut Dedi.

” Saat ini harga cabai merah besar dari harga Rp.80.000 sekarang menjadi Rp.85.000, sedangkan cabai merah keriting dari harga Rp.73.000 menjadi Rp. 75.000, sedangkan untuk cabai rawit merah mengalami penurunan, dari harga yang semula Rp.95.000, menjadi Rp.90.000, dan mengenai akan adanya penurunan harga, kemungkinan ada, apabila cuaca sudah mulai baik dan biasanya  pada musim kemarau. Pungkasnya.

( NOMA)

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *